Thursday 27 May 2010

Tanda-tanda Anak Autis (Deteksi Dini Sangat Perlu)

Autis terjadi pada 1 dibanding 700 anak. Umumnya terjadi pada anak laki-laki. Otak anak autis tidak berkembang secara wajar. Hasilnya adalah sikap tertutup/introvert. Anak-anak autis tidak ingin berinteraksi dengan lingkungan. Sikapnyas semaunya dan tidak menurut. Sebenarnya, autisme bisa dideteksi sejak bayi. Sesungguhnya, apa sih tanda-tanda anak autis?

Saat Bayi Baru Lahir
Bayi Anda cenderung tidak merespon kehadiran orang-orang sekitar, tidak ingin melakukan kontak mata dan cenderung tertarik dengan objek yang bergerak. Atau ia lebih banyak diam, tak nangis berjam-jam. ia

Saat Bayi Berusia Setahun
Bayi yang berusia setahun tapi tidak memiliki kemampuan utama sebagaimana yang dimiliki bayi pada umumnya, bisa jadi ia autis. Tapi bisa saja kok dia nggak autis, cuma belum mencapai kemampuan itu. Kemampuan utama yang umum dikuasai bayi setahun antara lain merangkak, berdiri dengan bantuan, merespon orang lain dengan senyum, tawa, cemberut, dll. Bayi tahun pertama juga berusaha mengucapkan sebuah kata sederhana, menggerakkan tangan, tepuk tangan atau gerak sederhana lainnya.

Saat Berusia Dua Tahun
Anak tidak tertarik pada orang-orang terdekatnya bahkan sang ibu. Ia jarang menatap dan tidak melihat pada objek yang diinginkan, tak dapat mengucapkan kata, kehilangan kata-kata padahal sudah dia kuasai, sering mengulanggerakan misalnya goyang tangan atau ayun tubuh ke muka-belakang, tidak ingin bermain, sering berjalan jinjit.

Saat Tahun Ketiga-Kelima
Merupakan kumpulan gejala pada tahun sebelumnya, ditambah obsesinya oleh suatu objek tertentu, misalnya game, rutinitas, susunan atau keteraturan benda, sangat tidak nyaman jika keteraturan atau susunan benda yang ia sukai terganggu, nggak tahan suara keras yang sebenarnya tak mengganggu anak pada umumnya, tak suka disentuh dan dipeluk.

Bila putra-putri Anda memiliki gelaja di atas, periksakan ke dokter spesialis. Penanganan antara anak autis satu dengan lainnya berbeda-beda. Namun kesamaannya adalah, mereka wajib disayangi. Berikan cinta dan kasih sayang layaknya pada anak normal. Anak autis merupakan anak spesial karena memiliki kemampuan yang berbeda dengan anak umumnya. Maka penanganannya pun harus spesial. Penderita autis bisa disembuhkan dengan kerajinan dan ketelatenan orangtua dan pengasuhnya.
http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/1973892-tanda-tanda-anak-autis-deteksi/

No comments:

Post a Comment